Minggu, 30 Maret 2014

Cara Mencuci Batik Tulis Madura Agar Warna Tidak Luntur

Cara Mencuci Batik Tulis Madura - Batik tulis umumnya dibuat dengan proses yang masih tradisional. Tidak heran kesan mahal dan elegan bisa kita dapatkan, apalagi kalau sudah di pakai untuk acara-acara yang resmi. Semakin rumit motif yang dibuat, maka akan semakin pula harganya karena pengerjaannya yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Biasanya baju batik yang atau kain bercorak yang dibuat manual membutuhkan perawatan khusus agar warna yang ada pada baju atau kain ini tidak mudah luntur.
Batik madura merupakan batik yang proses pengerjaannya masih manual alias tidak menggunakan mesin. Bila anda kebetulan membeli batik tulis ini, jangan heran ketika anda mencucinya, air akan berwarna sama seperti batik yang anda cuci. Tidak perlu khawatir warna batiknya luntur karena itu terjadi karena pelepasan residu pada batik tulis yang anda cuci. Pencucian batik tulis ini tidak boleh menggunakan deterjen atau pelembut pakaian. Zaman dahulu orang biasa mencuci batik dengan buah lerak agar warnanya tidak pudar, tetapi karena buah lerak semakin jarang di temukan alternatifnya adalah shampo. Shampo memiliki formula yang lembut sehingga aman untuk pencucian batik tulis madura yang terkenal dengan warnanya yang cerah.
Hal yang harus anda ingat adalah jangan pernah menyikat batik tulis karena warnanya nanti akan luntur. Ada pun batik tulis anda kotor, anda cukup merendamnya dengan air hangat. Nah, bagaimana kalau batik terkena noda? Anda tetap jangan menggunakan deterjen, cukup gunakan sabun mandi atau perasan jeruk nipis sebagai pengganti deterjen. Selesai mencuci, batik jangan di peras seperti umumnya cucian, biarkan saja apa adanya. Penjemuran di bawah sinar matahari pun jangan langsung terkena. Cukup diangin-anginkan saja. Bila batik anda sudah kering, jangan menyetrikanya secara langsung, taruh alas berupa koran sehingga setrika tidak menyentuh langsung kain batik. setel setrika agar suhunya tidak terlalu panas. Proses ini merupakan proses yang harus anda lakukan bila ingin melihat keindahan corak dan warna yang tahan lama dari sebuah kain batik. Anda perlu tahu mengenai warisan budaya yang berupa kain ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar