Rabu, 26 Maret 2014

Mengenal Jenis Kain Katun Untuk Batik Tulis Madura

Batik adalah lambang kebanggaan indonesia. Banyak orang yang menggunakan batik dalam sehari-harinya namun hanya sedikit yang memiliki batik asli dengan kualitas tinggi. Saat ini ada beberapa produsen yang terkenal dengan hasil batiknya yang bagus selain madura seperti batik pekalongan, solo, dan masih banyak lagi. batik merupakan kain yang memiliki arsitektur yang indah dan hanya bisa dibuat oleh orang yang ahli. Proses pembuatannya paling lama memakan waktu sekitar 1 bulan. Kain batik dijual dengan harga mahal karena motif pada kainnya dibuat menggunakan keterampilan tangan.
Batik madura adalah ekspresi seni madura yang dituangkan ke dalam kain dan dikenal dengan keberaniannya memadukan warna-warna cerah. Kain batik madura ini terdiri dari dua kategori, yaitu batik tulis sutera dan batik tulis katun. Keduanya sama-sama menggunakan keterampilan tangan yang dilakukan oleh orang-orang terbaik. batik tulis sutera dibuat diatas kain sutera yang mahal. Pembuatan motif batik yang membutuhkan waktu lama dan memerlukan kehati-hatian yang lebih menjadikan batik tulis sutera menjadi sangat mahal. Batik tulis katun terbaik dibuat di atas kain katun primissima. Kain ini memiliki serat yang lebih tebal dan cocok untuk dijadikan alas batik tulis. Sebenarnya ada beberapa jenis katun yang sering dipakai selain primissima yaitu katun prima, santyo, dan dobi. Namun kain katun primissima yang paling sering digunakan dengan harga yang lebih mahal.
Ada tiga cara dalam pembuatan batik tulis yang biasa dilakukan para produsen batik yaitu secara tradisional, secara kesikan, dan secara pesisiran. Cara tradisional merupakan cara yang cukup rumit karena harus melewati 7 langkah dari mulai proses pembuatan pola, menutup pola dengan lilin, proses pengeringan, dst. Cara kesikan hampir sama dengan cara tradisional. Sementara cara pesisiran menggunakan warna yang lebih beragam dibandingkan dengan cara tradisional dan kesikan yang hanya menggunakan satu warna. Semua proses pada intinya hampir sama, hanya ada beberapa bagian saja yang memiliki langkah berbeda. Kain batik ini bisa anda dapatkan di batik uniq, salah satu produsen batik tulis terbesar di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar